Senin, 22 Maret 2010

Open Office.org

Open Office Org ?

OpenOffice.org adalah sebuah paket aplikasi perkantoran berkode sumber terbuka (open source) yang dapat diperoleh secara gratis. Paket tersebut termasuk komponen-komponen pengolah kata (word processor), lembar kerja (spreadsheet), presentasi, ilustrasi vektor, dan gudang data (database). OpenOffice.org ditujukan sebagai saingan bagi Microsoft Office dan dapat dijalankan di atas berbagai platform, di antaranya Windows, Solaris, Linux, dan Mac OS X. OpenOffice.org mendukung standar dokumen terbuka untuk pertukaran data, dan dapat digunakan tanpa biaya.

OpenOffice.org dibuat berdasarkan kode dari StarOffice, sebuah office suite yang dikembangkan oleh StarDivision dan diakuisisi oleh Sun Microsystems pada Agustus 1999. Kode asal dari suite ini dilepas sebagai proyek sumber terbuka pada Juli 2000, dengan tujuan mendobrak dominasi pasar dari Microsoft Office dengan menyediakan pilihan yang berbiaya rendah, berkualitas tinggi, dan terbuka. Kode asal untuk suite aplikasi ini tersedia dibawah dua lisensi perangkat lunak yang berbeda: LGPL dan SISSl; dari versi 2.0, dia hanya tersedia di bawah LGPL.
Proyek dan perangkat lunak disebut sebagai "OpenOffice", tetapi pengatur proyek melaporkan bahwa istilah ini adalah sebuah merk dagang yang dipegang oleh kelompok lain, sehingga mengharuskan mereka mengambil "OpenOffice.org" sebagai nama resminya, dan juga disingkat OOo.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Komponen Dalam Open Office org :

1. OpenOffice.org Writer, adalah program perkantoran untuk mengolah kata dan sama seperti Microsoft Word pada Microsoft Office. Berguna untuk membuat dokumen tulisan, misal surat, buku, laporan, dll.

2. OpenOffice.org Calc, adalah aplikasi perkantoran berupa spreadsheet yang lengkap, sama seperti Microsoft Excell pada Microsoft Office.

3. OpenOffice.org Impress, adalah program untuk membuat presentasi sebagaimana Microsoft PoworPoint pada Microsoft Office.

4. OpenOffice.org Draw, adalah program untuk menggambar dan dilengkapi dengan tool dalam membuat 3D, membuat efek kewarnaan, dll. Program ini hampir sama dengan Microsoft Visio pada Microsoft Office.

5. OpenOffice.org Math, adalah program untuk menulis formula (rumus matematika), seperti halnya Microsoft Equation Editor pada Microsoft Office.

6. OpenOffice.org Base, adalah aplikasi untuk membuat database, seperti halnya Microsoft Access pada Microsoft Office.

Karakteristik dari OpenOffice.org.

  1. Murah, OpenOffice.org jauh lebih ekonomis dibandingkan dengan perangkat lunak berbayar karena OpenOffice.org berlisensi General Public License (GPL) sehingga pemakai tidak perlu membayar lisensi.
  2. OpenOffice.org bersifat open source dan dapat disesuaikan dengan berbagai kebutuhan.
  3. Mudah, dalam OpenOffice.org Anda dapat dengan mudah mengkonversi dokumen yang dibuat dengan program Microsoft Office.
  4. Bersahabat, peralihan dari OpenOffice.org rilis lama ke rilis terbaru jauh lebih bersahabat dibandingkan dengan program pengolah kata lainnya yang berbayar.
  5. Stabil, program OpenOffice.org lebih stabil karena format dokumen yang ditulis dengan OpenOffice.org sulit untuk diserang oleh virus.
  6. Mendukung Java, aplikasi-aplikasi dalam program OpenOffice.org sangat kompatibel dengan arsitektur Java yang paling banyak dipergunakan untuk mendesain web saat ini.


MENGEDIT DOKUMEN OPENOFFICE.ORG WRITER

Untuk mengedit atau mengatur format tampilan teks tertentu, Anda tersebut terlebih dahulu harus memilih (menyorot) teks dengan mouse, keyboard, atau kombinasi keduanya. Blok adalah suatu istilah yang sering digunakan dalam proses pengeditan dokumen. Tujuan melakukan blok adalah untuk menandai atau memilih teks tertentu. Anda dapat memilih satu karakter, kata, kalimat, paragraf, atau seluruh naskah.

Selain mengeblok teks dan paragraf, Anda juga dapat menyalin teks pada dokumen menggunakan menu Edit, shortkey, toolbar Standard, dan teknik drag and drop.Menggunakan menu Edit Blok teks yang akan disalin.

  • Menggunakan shortkey
  1. Blok teks yang akan disalin
  2. Tekan tombol CTRL + C
  3. Tempatkan kursor pada lokasi baru untuk menyalin teks
  4. Tekan tombol CTRL + V
  • Menggunakan toolbar Standard
  1. Blok teks yang akan disalin.
  2. Tekan ikon Copy pada toolbar.
  3. Tempatkan kursor pada lokasi baru untuk menyalin teks.
  4. Tekan ikon Paste pada toolbar.
  • Menggunakan drag and drop
  1. Blok teks yang akan disalin
  2. Arahkan pointer mouse ke bagian teks yang telah diblok, kemudian tekan tombol CTRL pada keyboard. Klik tombol mouse sampai pointer mouse berubah menjadi tanda anak panah dan plus (+).
  3. Tahan tombol CTRL pada keyboard kemudian geser (drag) titik sisip berbentuk titik titik ke lokasi penempatan teks yang disalin.


Untuk memindahkan suatu teks dalam dokumen, Anda dapat menggunakan fasilitas menu, shortkey, toolbar Standard, dan metode drag and drop.

  • Menggunakan menu Edit
  1. Blok teks yang akan dipindahkan.
  2. Pilih menu Edit . Cut.
  3. Tempatkan kursor pada lokasi baru untuk menyalin teks.
  4. Pilih menu Edit . Paste.
  • Menggunakan shortkey
  1. Blok teks yang akan dipindahkan.
  2. Tekan tombol CTRL + X pada keyboard.
  3. Tempatkan kursor pada lokasi baru untuk menyalin teks.
  4. Tekan tombol CTRL + V untuk menampilkan teks yang dipindahkan.

  • Menggunakan toolbar Standard
  1. Blok teks yang akan disalin
  2. Tekan ikon Cut pada toolbar.
  3. Tempatkan kursor pada lokasi baru untuk menyalin teks.
  4. Tekan ikon Paste pada toolbar.
  • Menggunakan drag and drop
  1. Blok teks yang akan Anda pindahkan.
  1. Arahkan pointer mouse pada teks yang telah Anda blok sampai pointer mouse berubah menjadi tanda anak panah.
  2. Tekan tombol kiri mouse kemudian geser (drag). Perhatikan titik sisip yang berbentuk titik-titik.
  3. Tempatkan kursor ke lokasi penempatan teks kemudian lepaskan tombol mouse.


MEMFORMAT TEKS DAN PARAGRAF

Pengaturan format font mencakup pemilihan jenis, ukuran, warna, dan style huruf. Untuk memformat jenis, ukuran, warna dan style huruf, Anda terlebih dahulu harus memilih teks yang akan diformat. Pengaturan format font dapat Anda lakukan melalui ikon pada toolbar Formatting, menu Format, atau dengan shortkey.

  • Menggunakan toolbar Formatting
  1. Blok teks yang akan Anda format hurufnya.
  2. Pilih ikon pengaturan format huruf melalui ikon berikut
  3. Jenis dan ukuran huruf:
  4. Style huruf: menebalkan huruf , memiringkan huruf , dan menggaris bawahi huruf .
  5. Mewarnai huruf : Font Color
  • Menggunakan menu Format
  1. Blok teks yang akan Anda format hurufnya.
  2. Pilih Menu Format . Characters hingga muncul kotak dialog Characters
  3. Pilih jenis font yang Anda inginkan pada tab Font. Tentukan font style yang Anda inginkan pada kotak Typeface. Style yang tersedia adalah Reguler (biasa), Italic (miring), Bold (tebal), Bold Italic (tebal miring). Anda dapat mengatur ukuran huruf pada kotak Size dan warna huruf pada tab Font Effects.
  4. Anda dapat memberi berbagai efek khusus dengan memilih tab Font Effects.
  5. Klik tombol OK setelah pengaturan format huruf selesai.
  • Menggunakan shortkey

1. Bold = CTRL + B

2. Italic = CTRL + I

3. Underline = CTRL + U

4. Double Underline = CTRL + D

  • Pengaturan paragraf terdiri atas perataan teks (alignment), indentasi (indentation), dan jarak spasi (line spacing). Pengaturan paragraf dapat lakukan melalui menu Format.

Pengaturan Format Teks

Perataan teks dapat dilakukan melalui toolbar Formatting, menu Format, atau shortkey.

Pengaturan Indentasi

Indentasi adalah jarak antara awal pengetikan dan batas margin kiri. Indentasi dapat Anda atur melalui toolbar Formatting, menu Format, dan Horizontal Ruler.

Menggunakan toolbar Formatting

Untuk mengatur indentasi suatu teks atau paragraf, Anda dapat menggunakan ikon Decrease Indent dan Increase Indent pada Toolbar Formatting. Sebelumnya, pastikan bahwa kursor berada pada paragraf yang akan diatur indentasinya. Tombol Decrease Indent berfungsi untuk mengurangi indentasi dan Increase Indent berfungsi untuk menambah jarak indentasi. Perhitungan indentasi dilakukan berdasarkan tab stop yang dimiliki oleh Horizontal Ruler.

Menggunakan Horizontal Ruler

Pengaturan indentasi menggunakan Horizontal Ruler dapat dilakukan dengan cara menekan sambil menggeser jenis indent yang diinginkan, setelah Anda menempatkan kursor pada paragraf yang dimaksud. Pada saat Anda men-drag jenis indent yang dipilih, akan muncul garis titik-titik sejajar dengan teks yang terdapat dalam area lembar kerja dan bergeser mengikuti gerakan mouse.

Pengaturan Jarak Spasi

Line spacing akan menentukan jarak baris dalam suatu paragraf. Untuk mengatur spasi baris, Anda dapat menggunakan Toolbar Formatting, Menu Format, dan Menu Pop-up.

Menggunakan toolbar Formatting

Pada OpenOffice.org Writer tersedia ikon pada toolbar Formatting yang berfungsi untuk mengatur spasi baris. Pilih paragraf dimana Anda akan menentukan spasi baris, kemudian pilih berapa spasi baris yang ingin Anda tentukan dengan menekan tombol Line Spacing.

Menggunakan menu Format

Untuk mengatur spasi baris menggunakan menu Format, letakkan kursor pada satu paragraf atau lebih, kemudian pilih menu Format . Paragraph. Selanjutnya, Anda dapat mengatur spasi baris melalui pilihan Line Spacing pada tab Indent & Spacing.

Menggunakan menu Pop-up

Untuk mengatur format paragraf dengan menu Pop-Up, letakkan kursor pada paragraph yang sudah Anda blok terlebih dahulu. Klik kanan, pilih Line Spacing dan pilih berapa spasi yang Anda inginkan.

.
Mail
Merge


Mail merge atau surat massal atau sering juga disebut surat gabung adalah surat yang ditujukan untuk banyak orang, di mana setiap orang yang dikirimi surat tersebut akan menerimanya dalam keadaan asli, bukan salinan karena surat tersebut hanya dibuat sekali saja oleh si pengirim.
Dengan mail merge, pengiriman surat ke banyak tujuan dapat Anda selesaikan secara cepat dan tepat. Surat dibuat menggunakan dokumen utama dan sumber data. Dokumen utama dan sumber data dapat dibuat pada satu aplikasi (OpenOffice.org Writer).



LANGKAH MEMBUAT MAIL MERGE

1. Membuat Dokumen Master

Langkah paling awal untuk membuat surat massal dengan mail merge adalah membuat dokumen master yang berbentuk surat. Anda dapat mengetik master dokumen atau membuka dokumen yang sudah Anda miliki.

2. Membuat Tabel Database sebagai Sumber Data

Ada beberapa cara untuk membuat tabel sumber data dalam Mail Merge yang nantinya akan digabungkan dengan dokumen surat utama, yaitu menggunakan menu Tools dan menekan tombol F4 untuk memunculkan Bibliography Database.

3. Mengambil Data Dokumen Lain sebagai Sumber Data

Selain membuat tabel data melalui menu Tools dan Tombol F4 (Bibliography), ada cara yang lebih praktis, yaitu mengambil tabel data dari dokumen yang lain.

4. Menggabungkan Dokumen Master dan Sumber Data

Menggabungkan Dokumen Master Surat Undangan dengan Sumber Data Setelah selesai membuat dokumen master dan tabel database, Anda dapat menggabungkan keduanya.

Peran mail merge :
peran utama mail merge selain digunakan untuk membuat seritikat, mail merge dapat juga digunakan untuk membuat:
Surat Undangan Rapat
Surat Penawaran Barang
Surat Pemberitahuan
Sertifikat
Surat Keterangan Dalam Bidang Pendidikan dan lain-lain.



soal seputar open office

1. Shortkey untuk menandai atau memilih seluruh kalimat dalam satu baris adalah....

a. CTRL + A

b. CTRL + D

c. Shift + Up

d. Shift + Down

e. Shift + End

2. Memilih paragraf atau bagian tertentu dari suatu teks dikenal dengan istilah....

a. Blok

b. Copy

c. Cut

d. Paste

e. Hyperlink

3. Shortkey untuk memilih seluruh teks atau objek dalam dokumen lembar kerja adalah....

a. CTRL + A

b. CTRL + B

c. CTRL + C

d. CTRL + D

e. CTRL + E

4. Catatan yang terletak pada margin sebelah atas lembar kerja dokumen disebut....

a. Footnote

b. Header

c. Footer

d. Ruler

e. Text Box

5. Catatan yang terletak pada margin paling bawah dari lembar kerja disebut....

Footnote

b. Header

c. Footer

d. Ruler

e. Text Box

6. Fasilitas dalam OpenOffice.org Writer yang berguna untuk mencari sebuah kata didalam lembar kerja adalah ....

Save

b. Print

c. Find

d. Replace

e. Edit

7. Fasilitas yang berfungsi untuk mengganti sebuah kata dengan kata lain adalah....

a. Save

b. Print

c. Find

d. Replace

e. Edit

8. Agar suatu dokumen dapat terhubung ke dokumen lain, Anda dapat menggunakan fasilitas....

a. Insert → Object

b. Edit → Replace

c. Insert → Hyperlink

d. File → Save

e Format → Page

9. Berikut ini, yang merupakan fasilitas untuk menyalin atau memotong teks dalam sebuahdokumen adalah....

a. Menu Edit

b. Short Key

c. Standard Toolbar

d. Drag and Drop

e. Menu Table

10. Ikon berbentuk huruf A dengan coretan di tengahnya disebut....

a. Subscript

b. Supercsript

c. Strikethrough

d. Font Color

e. Background Color

Soal Teori

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

1. Apakah yang dimaksud dengan Open office?

2. Sebutkan komponen dalam Open Office. Org!

3. Sebut dan jelaskan karakteristik dari Open Office!

4. Apa yang dimaksud dengan mail merge?

5. Apakah manfaat dari mail merge?

Jawaban Pilihan Ganda

A

E

A

B

C

C

D

A

A

D

Essay

1. Open Office adalah seperangkat lunak perkantoran yang di dalamnya terdapat fungsi pengolahan kata (word processing), pengolahan lembar (spreadsheet), pembuatan gambar (drawing), pembuatan presentasi (presentation), pengolahan data,, web editor, database dan formula editing.

2. Komponen dalam Open Office. Org:

a. Aplikasi Pengolah Kata (Word Processor) yang disebut Writer.

b. Aplikasi Pengolah Angka (Speadsheet) yang disebut Calc.

c. Aplikasi Pengolah Presentasi (Presentation) yang disebut Impress.

d. Aplikasi Pengolah Data (Database) yang disebut Base.

e. Aplikasi Pengolah Gambar (Drawing) yang disebut Drawing.

3. Karakteristik dari OpenOffice.org.

1. Murah, OpenOffice.org jauh lebih ekonomis dibandingkan dengan perangkat lunak berbayar karena OpenOffice.org berlisensi General Public License (GPL) sehingga pemakai tidak perlu membayar lisensi

2. OpenOffice.org bersifat open source dan dapat disesuaikan dengan berbagai kebutuhan

3. Mudah, dalam OpenOffice.org Anda dapat dengan mudah mengkonversi dokumen yang dibuat dengan program Microsoft Office

4. Bersahabat, peralihan dari OpenOffice.org rilis lama ke rilis terbaru jauh lebih bersahabat dibandingkan dengan program pengolah kata lainnya yang berbayar.

5. Stabil, program OpenOffice.org lebih stabil karena format dokumen yang ditulis dengan OpenOffice.org sulit untuk diserang oleh virus.

6. Mendukung Java, aplikasi-aplikasi dalam program OpenOffice.org sangat kompatibel dengan arsitektur Java yang paling banyak dipergunakan untuk mendesain web saat ini.

4. Mail merge atau surat massal atau sering juga disebut surat gabung adalah surat yang ditujukan untuk banyak orang, di mana setiap orang yang dikirimi surat tersebut akan menerimanya dalam keadaan asli, bukan salinan karena surat tersebut hanya dibuat sekali saja oleh si pengirim

.

5. Mail merge dapat digunakan untuk membuat:

1. Surat Undangan Rapat
2. Surat Penawaran Barang
3. Surat Pemberitahuan
4. Sertifikat
5. Surat Keterangan
6 Dalam Bidang Pendidikan dan lain-lain.

.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar